Selamat datang di Percontohan Inovasi Hijau Indonesia

Program ini merupakan suatu bentuk dasar yang tujuannya adalah untuk belajar bagaimana Indonesia dan Negara-negara lain bisa membangun kapasitas untuk mempercepat inovasi hijau secara menyeluruh

Program ini memprakarsai suatu pendekatan baru untuk memicu inovasi dalam teknologi energi bersih di Indonesia. Suatu tim mitra lokal dan global yang bereksperimen dengan prinsip inovasi terbuka, berkreasi bersama, menyusun desain yang berpusat pada manusia dan fasilitasi pasar untuk mengembangkan solusi energi bersih yang layak secara komersial serta disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia.

Program percontohan ini dipusatkan pada konsep lomba inovasi, dimana suatu wadah penampungan ide-ide dan pelaku pasar bersaing untuk meningkatkan dukungan sesuai urutan tahap-tahap pembangunan. Hal ini didasarkan pada ide awal yang sering gagal, sehingga hanya ide-ide terbaik yang menerima dukungan pada skala lebih tinggi dan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

 

Proyek Percontohan Inovasi Hijau Indonesia

Latar Belakang Program

Akses ke energi lingkungan dan sosial berkelanjutan sangat penting untuk mengurangi kemiskinan. Secara global lebih dari 1,4 miliar orang masih belum mempunyai akses ke sumber daya listrik. Sekitar tiga miliar orang menggunakan bahan bakar padat untuk memasak yang terkait dengan masalah kesehatan seperti penyakit pernapasan dan angka kematian bayi yang tinggi.

Dewasa ini penggunaan tenaga listrik di Indonesia secara total mencapai 65% dan 26,4% berada di daerah pedesaan, di mana lebih dari setengah penduduk bertempat tinggal di situ. Pada saat yang sama, 64% masyarakat miskin berada di daerah pedesaan. Meskipun tingkat penggunaan tenaga listrik diperkirakan akan tumbuh secara dramatis pada tahun-tahun mendatang, sejumlah besar dari 245 juta penduduk Indonesia, yaitu yang hari ini masih hidup tanpa listrik, kemungkinan akan tetap tanpa akses listrik untuk waktu lama. Ekonomi yang berkembang dengan tingkat pertumbuhan yang stabil di kisaran 6 persen per tahun, mengangkat lebih banyak orang dari kemiskinan sejalan dengan peningkatan tenaga kerja terampil setiap tahun. Hal ini menyebabkan tingginya permintaan untuk listrik di tempat kerja mereka dan menyerap sebagian besar produksi listrik tambahan yang dihasilkan oleh kapasitas baru yang dihasilkan.

Dengan perkiraan tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 1,07% per tahun, maka muncul kebutuhan yang mendesak dan sekaligus peluang bagi pengembangan kapasitas pembangkit energi bersih.

Tentang Program Percontohan

Program ini memprakarsai pendekatan baru untuk memicu inovasi energi bersih di Indonesia. Program ini juga merupakan suatu bentuk dasar yang tujuannya adalah untuk belajar bagaimana Indonesia dan negara lain bisa membangun kapasitas untuk mempercepat inovasi hijau yang bersifat menyeluruh.

Suatu tim mitra lokal dan global yang melakukan uji coba dengan prinsip inovasi terbuka, berkreasi bersama, menyusun desain yang berpusat pada manusia dan memfasilitasi pasar untuk mengembangkan solusi energi bersih yang layak secara komersial serta disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia. Program percontohan ini dipusatkan pada konsep lomba inovasi, dimana suatu wadah penampungan ide-ide dan pelaku pasar bersaing untuk meningkatkan dukungan sesuai urutan tahap-tahap pembangunan. Hal ini didasarkan pada ide-ide awal yang sering gagal, sehingga hanya ide-ide terbaik yang menerima dukungan lebih tinggi yang mereka butuhkan.

Pendekatan Program Percontohan untuk Membangun Kapasitas Inovasi

Pendekatan program ini ditujukan untuk mempercepat inovasi hijau dengan membangun kapasitas lokal bagi kewirausahaan dan penyusunan desain yang berpusat pada manusia.

Ini berarti membangun keterampilan baru dan proses organisasi, tetapi juga jaringan ketrampilan lokal dan global yang baru, untuk mengetahui tentang apa dan siapa di dunia, di mana kolaborasi merupakan katalis inovasi yang sukses. Berbagi pengetahuan juga menjadi inti program ini. Proses inovasi diterapkan dalam program, proses pembelajaran dari masing-masing mitra, dan jaringan yang dibangun selama program, disebar-luaskan guna menciptakan pola di mana mitra lain dapat membuat model yang serupa.

Program ini dibagi menjadi dua komponen sebagai berikut:

  • Untuk mempelajari lebih lanjut tentang komponen Kewirausahaan Hijau component klik di sini
  • Untuk mempelajari lebih lanjut tentang komponen yang mendorong permintaan Inovasi component klik di sini

Tujuan Program dan Hasilnya

Program bermaksud untuk mempertinggi tingkat kesadaran generasi energi bersih di Indonesia sebagai alternatif yang nyata dan ekonomis bagi bahan bakar fosil dan bahan bakar padat.

Selain itu, program ini bermaksud untuk menyoroti peran potensial inovasi terbuka dan permintaan berbasis inovasi dalam menciptakan solusi teknologi yang berdampak positif bagi masyarakat miskin.

Tujuan Program adalah untuk:

  • mempromosikan inovasi energi bersih
  • menunjukkan penggunaan inovasi terbuka, mendorong munculnya permintaan akan  inovasi, dan menyusun disain yang berpusat pada manusia dalam mengembangkan teknologi bagi masyarakat miskin
  • menyebar-luaskan hasil pembelajaran
  • mempercepat kapasitas inovasi di Indonesia
  • mengembangkan keterampilan bisnis dan jaringan untuk para wirausahawan energi bersih yang berdampak tinggi
  • mendorong penciptaan atau pertumbuhan  bisnis yang berdampak tinggi
  • menawarkan program pembelajaran kewirausahaan praktis  jangka pendek
  • memasangkan pengusaha dengan mentor bisnis dan dewan penasehat
  • menyediakan jaringan global dan saran dari mentor yang berpengalaman bagi wirausahawan
  • membantu wirausahawan merekrut tim manajemen yang diperlukan.

Hasil yang paling penting dari program tersebut adalah meningkatkan peringkat keberhasilan bagi perusahaan-perusahaan di sektor energi bersih. Program ini juga akan membangun kapasitas dan menumbuhkan masyarakat yang inovatif dan dinamis di mana perusahaan belajar untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan guna pencapaian yang lebih besar.