Tentang Kewirausahaan Hijau Indonesia

Subprogram Kewirausahaan Hijau mendukung penciptaan dan pertumbuhan usaha bisnis yang berdampak tinggi melalui campur tangan dan dukungan konsultasi kepada para wirausahawan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemungkinan sukses jangka panjang bagi para pemula wirausahawan hijau yang menghadapi tantangan berat dalam memvalidasi ide, mendapatkan keterampilan bisnis praktis, dan menciptakan kontak/hubungan cepat ke para pelanggan potensial, para pemasok, mitra dan investor. Subprogram ini dijalankan oleh Tim Inti yang terdiri dari sektor swasta lokal dan internasional, mitra pelaksana nirlaba, serta didukung oleh jaringan mentor lokal dan global.

Pendekatan untuk Kewirausahaan Hijau

Subprogram ini dirancang untuk mendorong penciptaan atau pertumbuhan inovatif bisnis berdampak tinggi melalui campur tangan dan dukungan konsultasi kepada para wirausahawan baru yang telah disaring secara kompetitif. Subprogram ini disusun sebagai suatu lomba dimana para wirausahawan bersaing untuk putaran lomba berikutnya yang semakin meluas dan mendalam. Ini dipusatkan lewat pendampingan oleh individu berpengalaman baik di Indonesia maupun di luar negeri. Seorang mentor adalah seorang model peran, pelatih, yang menampung dan menyuarakan ide-ide, dan terkadang bahkan sebagai broker yang menghubungkan para peserta dengan jaringan bisnis swasta. Semua dukungan bagi peserta diberikan secara gratis.

Program ini menawarkan nasihat bisnis dan program pembelajaran kewirausahaan praktis jangka pendek dari para ahli global kepada para wirausahawan baik melalui sumber-sumber lokal maupun melalui jaringan situs web. Program ini juga memasangkan para calon wirausahawan baru atau pemula yang mengawali karir sebagai wirausaha, dengan mentor bisnis berpengalaman, dan dewan penasihat dari komunitas bisnis dan jaringan global lainnya yang relevan. Dengan cara ini, program menyediakan akses mudah bagi para wirausahawan untuk berhubungan langsung ke jasa konsultasi teknis dari para ahli lokal maupun global.

Sesuai kebutuhan, kegiatan tersebut juga membantu wirausahawan merekrut tim manajemen yang mereka butuhkan untuk menumbuhkan usaha bisnis yang berdampak tinggi secara berkelanjutan. Pada akhir program tiga wirausahawan akan menerima alokasi dana untuk jasa konsultasi yang berhubungan dengan proyek inovatif mereka. Selain membantu wirausahawan, alokasi dana ini juga merupakan cara bagi program untuk secara bertahap mengembangkan keahlian konsultan lokal dan untuk membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan yang mungkin berlanjut setelah program berakhir.

Program ini memiliki tiga tahapan, dimulai dengan pusat pelatihan. Pada akhir setiap tahap, para wirausahawan menawarkan ide-ide bisnis mereka untuk dikombinasikan dengan penilaian lokal dan global, serta hasil evaluasi tentang dampaknya terhadap potensi pertumbuhan dan kemajuan. Pemenangnya akan diumumkan dan mendapatkan peluang untuk maju ke tahap berikutnya, di mana mereka menerima dukungan lebih lama dan lebih mendalam.