Apa Itu Wifi?


Apa Itu Panel Surya?


Apa Itu Internet?

Permintaan Berbasis Inovasi Hijau di Indonesia

Subprogram Permintaan Berbasis Inovasi Hijau mendukung inovasi energi bersih kaum miskin dengan memfasilitasi pembangkit dan penyebaran pasar model bisnis baru, produk dan jasa.

Tujuannya adalah untuk membantu sektor swasta mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang inovasi energi bersih. Subprogram ini dijalankan oleh tim inti sektor swasta lokal dan internasional serta mitra pelaksana non-profit.

Pendekatan pada Permintaan Berbasis Inovasi Hijau

Fokus Subprogram ini adalah untuk melayani kebutuhan energi bersih masyarakat miskin di Indonesia. Hal ini dicapai dengan mengidentifikasi kebutuhan, menghasilkan konsep yang menjanjikan, dan merancang produk serta layanan baru dalam kemitraan dengan mitra pasar. Subprogram ini disusun sebagai suatu lomba dimana ide-ide pasar bersaing untuk memenangkan putaran demi putaran yang semakin mendalam dan semakin luas. Ide yang tidak diterima pasar secara progresif disaring keluar dari Program. Hal ini memastikan bahwa program ini hanya memakai waktu minimal dan sumber daya yang dihabiskan untuk bentuk dasar produk tidak pernah dikomersialisasikan.

Program ini memiliki enam Tahapan, dan dimulai dengan mengidentifikasi target dari suatu komunitas. Hal ini diikuti dengan mengidentifikasi kebutuhan energi bersih yang kritis yang memiliki peluang pasar prospektif. Kebutuhan diidentifikasi melalui kampanye “panggilan untuk tantangan”, melalui penelitian lapangan dan melalui lokakarya oleh pemangku kepentingan (stakeholder). Konsep awal yang menjanjikan tersebut kemudian secara sistematis dikembangkan melalui desain ulang, penciptaan bentuk dasar dan dilakukan pengujian sebelum siap dipasarkan. Setelah produk/jasa siap dipasarkan, perlu suatu proses yang melibatkan fabrikasi, rantai distribusi dan penciptaan infrastruktur. Ketika produk / jasa telah siap secara komersial dipasarkan, maka produk/jasa tersebut dinilai layak untuk dikomersialisasikan.

Pendekatan subprogram untuk membersihkan inovasi energi melibatkan pengembangan solusi produk dan layanan yang menggunakan metode disain yang berpusat pada kebutuhan manusia. Selain mengandalkan tim internal, program ini melibatkan masyarakat untuk ikut merancang dalam proses penciptaan. Selama solusi berlangsung, program ini juga melibatkan mitra pasar lokal dalam menyempurnakan desain dan mengandalkan mereka untuk penerapan secara penuh atas produk / jasa yang dikomersialisasikan.

Penempatan

Subprogram ini dimulai dengan menempatkan dan memilih suatu komunitas target untuk bekerja dengan, berdasarkan daftar kriteria yang luas.

Eksplorasi

Penempatan dilanjutkan dengan mengeksplorasi kebutuhan energi bersih yang kritis dan merupakan peluang bagi pasar prospektif.

Kreasi bersama

Kebutuhan-kebutuhan  diidentifikasi melalui kampanye”panggilan untuk tantangan” dari kelompok yang terdiri beragam sumber, melalui penelitian lapangan dan melalui lokakarya stakeholder. Daftar tantangan yang diserahkan akan dipersempit melalui proses yang mendorong kreasi bersama dari kalangan masyarakat yang menjadi target.

Kemitraan

Mitra Pasar akan diidentifikasi, disaring dan dipilih guna memastikan terpenuhinya standar tinggi keahlian dan kualitas yang diperlukan.

Pengulangan  dan Pengujian

Konsep awal yang menjanjikan tersebut kemudian secara sistematis dikembangkan melalui perancangan disain secara berulang, penyusunan bentuk dasar dan pengujian sebelum siap ditawarkan ke pasar.

Pengiriman

Setelah produk / jasa tersebut siap dipasarkan, selanjutnya akan divalidasi dan dikembangkan  suatu proses yang melibatkan pabrikasi, rantai distribusi dan penciptaan infrastruktur terkait. Jika produk / jasa tersebut sudah siap untuk disampaikan dan disajikan di pasar, maka produk / jasa tersebut  tersebut  dianggap layak untuk dikomersialisasikan.

Pendekatan Subprogram untuk inovasi energi bersih itu melibatkan pengembangan solusi produk dan jasa dengan memakai metode disain yang berpusat pada manusia. Selain mengandalkan tim internal, program ini melibatkan masyarakat yang ikut merancang dalam proses penciptaan. Sebagai solusi kemajuan program ini juga melibatkan mitra lokal di pasar dalam menyempurnakan desain – dengan mengandalkan mereka untuk menerapkan produk / jasa komersial secara penuh.